SEJARAH DESA

SEJARAH DESA ( KARANGREJO )

GAMBARAN UMUM

Desa karangrejo merupakan wilayah kecamatan pucakwangi kabupaten pati wilayah selatan. Terdiri  dari dua dukuh! Yaitu dukuh malangan yang merupakan wilayah rw 01 terdiri dari 09 rt, dan dukuh plukisan merupakan wilayah rw 02 terdiri dari 3 rt. Jadi desa karangrejo terdir dari 12 rt dan 2 rw. Desa karangrejo warganya 85% merupakan petani, karena wilayah tadah hujan, jadi para petani 2X musim tanam padi, setelah musim panen kedua selesai para petani menanam Polowijo/ ketela, jagung, kacang. Sebelah utara desa karangrejo adalah Desa Sarimulyo kecamatan Winong. Sebelah Timurnya adalah Desa Plosorejo kecamatan Pucakwangi. Sebelah Selatannya adalah Desa Jetak kecamatan Pucakwangi dan sebelah Baratnya adalah Desa Grogolsari kecamatan Pucakwangi. Desa Karangrejo mempunyai Akses Jalan Raya Sokopuluhan-Winong KM 03.Kode Pos 59183

SEJARAH PERKEMBANGAN  AGAMA ISLAM DI DESA KARANGREJO

Pada jaman dahulu sebelum datangnya seorang wali, warga desa merupakan Islam yang masih abangan (istilahnya). setelah kehadiran beliau yaitu mbah KH Sulaiman yang merupakan penyebar agama Islam yang datang dari wilayah jaken. Beliau KH Sulaiman bersama adiknya KH Khasan Sonto. KH Sulaiman di tugaskan oleh gurunya untuk menyebarkan agama islam diwilayah pucakwangi khususnya di desa karangrejo dukuh malangan. Dan adiknya menyebarkan ajaran agama islam diwilayah kecamatan winong. Sejak kehadirannya di desa karangrejo, warga mulai mengenal ajaran agama islam dengan baik. Beliau bersama santrinya mendirikan sebuah masjid di dukuh malangan. Semenjak itu perkembangan islam semakin pesat. Sampai sempat menjadi pusat pembelajaran agama slam diwilayah juwana ke selatan. Setelah beliau wafat dan dimakamkan di desa karangrejo RT 09 RW 01 dukuh malangan. Semenjak itu perjuangan dilanjutkan oleh putaranya yaitu KH Mujahid.

Perjungan KH Mujahid itu terus berlanjut sehingga mendirikan sekolah madrasah bersama seorang tokoh masyarakat yang cukup dermawan yaitu KH Abdul Manan Syukur. Bersama warga bergotong royong mendirikan sekolahan tersebut, sehingga kedepannya anak-anak dapat belajar mengajar di madrasah. Dan hingga kini masih tetap berdiri. Yang lebih dikenalnya Madrasah Matholi’ul Falah (MMF). Pada zaman itu warga desa sekitar wilayah pucakwangi sekolah di madrasah itu. Setelah beliau KH Mujahid wafat diteruskan oleh putaranya yaitu KH Mudawam.

Perjuangan islam di desa karangrejo masih tetep belanjut dan semakin berkembang hingga kini. Saat ini perjuangan dan syiar agama islam masih tetap ada. Beliau adalah KH Mudawam yang hingga kini melanjutkan perjuangan. Sekitar tahu 2002 setelah beliau selesai mondok dari kudus dan pulang ke kampungnya, setelah di kampung KH Mudawam mendirikan pondok pesantren di wilayah RT 09 RW 01 dukuh malangan. Yaitu Pondok Manb’ul Qur’an. Santri putra dan putri yang berjumlah kurang lebih 150  santri mondok disitu yang datang dari berbagai wilayah. Semenjak ada pondok pesantren di karangrejo dapat meningkatkan menambah nilai ekonominya.

DAFTAR NAMA KEPALA DESA KARANGREJO KEC, PUCAKWANGI KAB, PATI

KEPALA DESA PERTAMAKEPALA DESA KE IIKEPALA DESA KE IIIKEPALA DESA KE IVKEPALA DESA KE V

NAMA  : KASMANI

DESA     : KARANGREJO

KECAMATAN : PUCAKWANGI

KABUPATEN : PATI

PERIODE JABATAN

MULAI : ……….

SAMPAI : 1975

KETERANGAN : KEPALA DESA PERTAMA KALI

 

MOTT0
NIHIL

NAMA  : SOEHARSONO

DESA     : PLANGITAN

KECAMATAN : PATI

KABUPATEN : PATI

PERIODE JABATAN

MULAI : 1975

SAMPAI : 1980

KETERANGAN : KEPALA DESA KE II SEBAGAI PJ

 

MOTT0
NIHIL

NAMA  : AHMAD SAUBAN

DESA     : KARANGREJO RT 03 RW 01

KECAMATAN : PUCAKWANGI

KABUPATEN : PATI

PERIODE JABATAN

MULAI : 1980

SAMPAI : 1988

KETERANGAN : KEPALA DESA KE III

 

MOTT0
NIHIL

 

NAMA  : NOR HADI AS

DESA     : KARANGREJO RT 01 RW 01

KECAMATAN : PUCAKWANGI

KABUPATEN : PATI

PERIODE JABATAN

MULAI : 1989

SAMPAI : 2007

KETERANGAN : MENJABAT 2 PERIODE

 

MOTT0
NIHIL

NAMA  : ANWAR S.Pd.I

DESA     : KARANGREJO RT 03 RW 01

KECAMATAN : PUCAKWANGI

KABUPATEN : PATI

PERIODE JABATAN

MULAI : 2008

SAMPAI : 2021

KETERANGAN : KEPALA DESA PERTAMA KALI

 

MOTT0
NIHIL
Facebook Comments