Kunjungan Ke Rumah Pelaku UMKM Ayam Petelur Desa Karangrejo

KARANGREJO-PUCAKWANGI.(15/09/2021)

Pada hari ini tim KKN-IK IAIN Kudus Dk. Malangan, Ds. Karangrejo melaksanakan program kerja kunjungan pada UMKM ayam petelur di Desa Karangrejo Rt 07/Rw 01.

Kegiatan ini, dilaksanakan pada pukul 09:30 sampai selesai dengan pemilik usaha Ibu Badriyyah . Usaha ini berdiri sejak februari 2018 dan sekarang memiliki ayam sebanyak 500 ekor.

Usaha ternak di desa karangrejo masih sangat sedikit dikembangkan oleh masyarakat sekitar, terutama ayam petelur. Dan kendala yang dialami saat melakukan usaha ternak Aym Petelur ini sangatlah banyak diantaranya yaitu cuaca yang tidak menentu dan terlambatnya pengobatan serta membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha tersebut. Adapun cara mengatasinya ayam-ayam diberikan vitamin dan vaksin(di sunti), serta harus menjaga kebersihan kandang (dilakukan 2-3 hari sekali). Modal awal sebesar 75 juta dan rata-rata modal sebulan kurang lebih 10 juta.

Foto bersama Ibu Badriyah (pemilik usaha)

Dan dalam sehari bisa mengahasilkan telur 24-25 Kg di setorkan ke toko2 tedekat dan biasanya di ambil seles untuk di jual ke desa2 luar karangrejo. Itu waktu pengambilan telurnya pada sekitar jam 13.30-14.00. Dan makanannya dengan konsentrat dan jagung (digiling halus) itu waktu pagi dan sore.

About Rumam Fauzi 150 Articles
Rumam Fauzi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan