Pelatihan Membatik KKN IAIN Kudus Bersama Ibu-Ibu PKK Di Desa Karangrejo

Foto bersama PKK, KKN-IK Pucakwangi dengan hasil batik yang sudah jadi

KARANGREJO-PUCAKWANGI. (12-14/09/2021)
Selama tiga hari (minggu, senin, selasa) tim KKN-IK IAIN Kudus Dk. Malangan, Ds. Karangrejo melaksanakan program kerja pelatihan membatik bersama ibu-ibu PKK Desa Karangrejo.
Membatik merupakan proses menggambar pada suatu kain dengan gambaran yang khas, biasanya gambar batik sesuai ciri khas daerah tersebut. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempelajari dan membantu meningkatkan eksistensi batik di Desa Karangrejo, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati.
Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan tanggal 14 september 2021, dimana tanggal 12 melakukan tahapan pertama menggambar pola dan proses penyantingan. Menyanting dilakukan dengan cara menggoreskan malam cair pada kain yang sudah digambar menggunakan canting. Selanjutnya tanggal 13 melakukan proses mewarnai dan waterglass (penguncian warna) , dan tahapan terakhir yaitu proses perebusan dan pengeringan yang dilakukan pada tanggal 14 september 2021.

Tim KKN IAIN Kudus dari desa Karngrejo ikut mencanting

Dalam kegiatan tersebut, Ibu Nur Asiyah S.Pd.I (Ketua PKK) menjelaskan bahwa kegiatan membatik ini sebelumnya telah ada pelatihan ibu-ibu PKK bersama Dinas Pendidikan, Kebudayaan melalui PKBM Kabupaten Pati. Sehingga ini sangat bermanfaat bagi warga kami, kebetulan usaha ini ingin dikembangkan oleh beberapa ibu-ibu Pkk, diantaranya Ibu Asmiati (RT 06/01), Ibu Titik (RT 07/01), Ibu Ulin Ni’mah (RT 01/01) Ibu Reza Mega Kartika (RT 02/01),Ibu Rusibah (RT 08/01). jadi dengan kegiatan membatik ini yang mau dikembangkan nanti bisa bersama PKK Desa Karangrejo, dengan membuat ciri khas Desa Karangrejo sebagai motif khas Desa, sehingga menjadi komoditas dan potensi Desa Karangrejo, masalah pemasaran nanti bisa kita promokan melalui media sosial atau media lainnya! sehingga dapat dikenal dan meningkatkan ekonomi warga. jelas Ibu Nur Asiyah S.Pd.I (Ketua PKK)

Tahapn pertama yang dilakukan adalah mensketsa/ memberi gambar motif batik menggunakan pensil
Tahapan pemberian warna dan pengeblokan setelah proses pencantingan
setelah pewarnaan dikasih water glasses/ penguncian warna agar tidak luntur
About Rumam Fauzi 150 Articles
Rumam Fauzi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan