Observasi UMKM Kubah Panel Enamel

Tim KKN Desa Karangrejo bersama Pemilik Usaha

KARANGREJO-PUCAKWANGI. Rabu 08 September 2021. Pada hari ini KKN IK IAIN Kudus desa Karangrejo melakukan salah satu program kerja (Progja) mengenai pemberdayaan ekonomi dan UMKM Kubah panel enamel.
Kubah adalah salah satu fitur dari masjid. Meskipun tidak ada perlu menggunakan kubah masjid, tapi tampaknya telah menjadi norma di kalangan masyarakat umum yang dibangunan masjid harus memiliki kubah.
Di sisi lain, orang-orang yang berada di jalan dan ingin masjid, umumnya melihat kubah sebagai pencarian referensi. Pembangunan kubah masjid akan menawarkan kesan megah dan indah. Selain kubah juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat dari luar dan reflektor untuk menerangi bagian dalam masjid.

Para karyawan sedang bekerja

Adapun mulai didirikannya UMKM ini sekitar tahun 2010/2011, pada awal perintisan kubah ini hanya menggunakan bahan stainlees saja, dengan seiring waktu menjadi kubah panel enamel.
Mengenai panel kubah merupakan sebagai alternatif yang saat ini lagi tren, serta bentuk yang membentuk pembangunan kubah, panel kubah memiliki campuran warna dan pola yang sangat menarik yang menambah nilai estetika dari kubah itu sendiri.

Bagian bahan setelah melalui proses pemotongan seng

Ada dua tipe dasar dari bahan yang biasa digunakan untuk pelat kubah manufaktur Zincalume atau panel juga disebut galvalum plat dan baja karbon rendah dilapisi dengan enamel sehingga orang sering menyebut sebagai Kubah enamel. Zincalume / Galvalume adalah seng dan aluminium alloy yang ringan dan stainless.
Meskipun enamel merupakan bahan yang terdiri dari campuran kaca (silika) telah digabungkan (untuk peleburan) pada kualitas tinggi pelat baja besi dalam tungku suhu tinggi dan kemudian menganalisa untuk menggabungkan. Kubah kelebihan lapisan enamel adalah ketajaman dan warna kecerahan yang berlangsung lama bahkan sekitar 20 tahunan.
Dengan jumlah karyawan yang bekerja sekitar 16 orang, kubah panel ini mampu mempertahankan kualitasnya dengan kelebihan yang dimiliki baik dari bentuknya yang tidak presisi serta bahan yang kuat dan tahan lama.
KKN IK IAIN Kudus juga melihat proses pembuatan kubah panel enamel.

Bapak Multazam (owner)

Foto bersama Tim KKN Pucakwangi dengan pemilik usaha
Salah satu produk yang sudah jadi
About Rumam Fauzi 150 Articles
Rumam Fauzi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan