Angger Ono Banyu Yo Ono Iwak’e! Seperti Cerita Syeh Jangkung (Sariden)

Mbah Sujono Bersama Putranya Mempersiapkan Jaring (Oyol Jaring) Perangkap Ikan

KARANGREJO-PUCAKWANGI. Seperi dalam cerita sejarah di Pati, yaitu Syeh Jangkung atau lebih dikenalnya Sariden. yang merupakan Seorang Waliyullah dan sesosok Orang Sakti dari Kayen Pati. Menurut Cerita Dalam lakon Ketoprak! salah satunya Cerita tentang karomah/ Kesaktiannya yaitu “Angger Ono Banyu Yo Ono Iwak’e” (setiap ada air ya ada ikannya) itu yang di ucapkan dan dibuktikan memang benar-benar ada. kisah dalam lakonnya di ketoprak.

Mbah Sujono Bersama Putranya Mempersiapkan Jaring (Oyol Jaring) Perangkap Ikan

Nah kisah tersebut Hampir sama! seperti yang ada di desa Karangrejo, tp ya tidak semuanya terjadi. kita ambil sedikit yang nyata terjadi bahwa, keanehan- keanehan yang ada di Desa karangrejo (malangan) di setiap musim kemarau di Desa Karangrejo sangat-sangat kekurangan Air baik dari kebutuhan sehari-hari atau untuk kebutuhan pengairan pertanian. tapi di setiap musim penghujan dan banjir sedang terjadi, muncullah ikan-ikan tersebut. ada ikan Lele, Keting, betek (menter) dll. ikan-ikan tersebut tidak sedikit jumlahnya! tapi sangatlah banyak. Selain ikan yang ada di sungai, meskipun Got/ saluran pertanian, saluran dreinase/ saluran air di dalam desa, bahkan air yang luber di jalanan juga ada ikannya. itulah keanehan-keanehan di Desa Karangrejo.dan cerita ini tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar kecamatan pucakwangi.

Seperti kisah nyata yang terjadi ini! menjadikan berkah untuk warga desa, salah satunya bapak Sujono warga RT 01/RW 01 ini memanfaatkan untuk membuat Jebakan atau gasangan Oyol/jaring. dan dipasang di saluran pertanian. dan nantinya ikan turun masuk ke jaring tersebut. dan hasilnya pun cukup lumayan! selain untuk lauk sendiri sampai bisa dijual kepada tetangga yang butuh, bahkan dari desa di sekitar kecamatan pucakwangi juga mencari untuk membeli ikan ke Desa Kami. pemaparan bapak sujono

Setiap Hujan Lebat! Air Mengalir Dari Sawah menuju Sungai
Facebook Comments
About Rumam Fauzi 103 Articles
Rumam Fauzi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan