Menabung Untuk Musim Kemarau

 

Pada bulan januari kali ini telah memasuki musim penghujan, karena wilayah desa kami adalah tadah hujan maka dari itu perlu membuat cadangan air untuk di musim kemarau mendatang.

curah hujan yang cukup tinggi diwilayah desa karangrejo kec pucakwangi, salah seorang  membuat gagasan/ inisiatif untuk menabung air di embung, mengingat tahun 2018 kemarin, dimusim kemarau warga desa sangat kekurangan air (krisis air) sampai-sampai mengambil air dari desa sebelah, ada juga meminta bantuan dari berbagai pihak untuk membantu suplai/ droping air ke desa karangrejo, ujar bapak kasnawi! bapak kasnawi dan bapak Rumam fauzi selaku penggagas ia membuat langkah- langkah untuk menjalankan misinya,

  1. mengumpulkan beberapa warga untuk diskusi
  2.  bertindak bergerak cepat

dari hasil musyawarah tadi telah menunjukkan kata mufakat yaitu “embung harus diisi” dengan cara memompa air dari sungai.  kemudian beberapa orang yang mempunyai pompa air ditemui bapak kasnawi untuk diajak bekerja sama, diantaranya:

  1. bapak kasnawi
  2. bapak asyhadi
  3. bapak sujono
  4. bapak warman
  5. bapak sukawi

dari lima orang tadi memompa air dengan total 102 jam. dan alhamdulillah sekarang embung sudah penuh, meskipun dari hasil swadaya sendiri! warga pun sangat bersyukur dan gembira karena demi mencukupi kebutuhan mandi, mencuci sehari-hari sudah cukup sampai musim kemarau.

Facebook Comments
About Rumam Fauzi 122 Articles
Rumam Fauzi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan